Monday, March 21, 2016

Pentingnya Mengkonsumsi Sayuran

Artikel oleh : Kiki Ramadanti ( XII IPA 1 / SMA Negeri 1 Rengat )

Pentingnya Mengkonsumsi Sayuran 

          Sayuran merupakan semua jenis atau bagian tanaman yang bisa diolah menjadi makanan. Beberapa sayuran bisa dimakan begitu saja atau secara mentah, sedangkan sebagian lainnya hanya dapat dikonsumsi setelah dimasak terlebih dahulu. Berdasarkan bagian tubuh tumbuhan yang digunakan sebagai makanan oleh manusia adalah bunga, buah, polong, daun, batang, umbi dan umbi lapis. 
          Perlu kita ketahui bahwa ada beberapa dampak buruk yang disebabkan jika kita tidak mengkonsumsi sayuran. Dampak-dampak tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan kita, contohnya kekurangan vitamin dan masalah pencernaan. Sayuran mengandung begitu banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga tulang dan jaringan agar tetap kuat, serta menjaga pembentukan sel darah merah. Sayuran juga mengadung serat yang diperlukan tubuh kita untuk memperlancar proses pencernaan. 
         Agar terhindar dari dampak-dampak tersebut, usahakanlah untuk selalu mengkonsumsi sayuran. Mengkonsumsi sayuran memberikan begitu banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat-manfaat itu antara lain adalah mengontrol berat badan, terhindar dari berbagai macam penyakit, buang air besar menjadi lancar, tubuh menjadi lebih segar dan enerjik, serta masih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan dengan mengkonsumsi sayuran.
         Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis sayuran. Beberapa jenis sayuran tertentu memiliki keunikan tersendiri dalam hal kandungan nutrisinya. Seperti halnya brokoli yang menempati urutan pertama sebagai sayuran yang paling bergizi di dunia. Namun, selain brokoli masih banyak sayuran dengan kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi seperti wortel, tomat, , bayam, dll. Hal yang perlu kita ketahui ialah pada dasarnya seluruh sayuran adalah makanan yang sangat baik bagi kesehatan.
         Selain itu, sayuran dikonsumsi dengan cara yang sangat bermacam-macam, baik sebagai bagian dari menu utama maupun sebagai makanan sampingan. Dalam hal pengolahan, sayuran dapat dikatakan matang apabila sesuai seperti yang diinginkan. Banyak tingkat variasi kematangan antara satu jenis sayuran dengan jenis sayuran yang lain. Akan tetapi, hal yang harus diperhatikan dalam pengolahan sayuran ialah jangan memasaknya terlalu lama karena dapat merusak kandungan gizi yang dimilikinya. 

No comments:

Post a Comment

UP Alert (http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com)

Hola, Su sitio web: http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com (HTTP(s)) se encuentra Online nuevamente (Estuvo Offline 2y ...