Friday, January 3, 2014

Tutorial dan Langkah-Langkah Membuat Essay yang Berkualitas

Sebelum saya menyampaikan cara membuat essay dengan baik, saya akan mulai dengan apa yang dimaksud dengan essay, baiklah langsung saja .

Essay adalah ekspresi dari opini seseorang terhadap sebuah hal. Jadi essay sesungguhnya sangat berbeda dengan artikel ilmiah atau sekadar opini eksposure (laporan faktual). Perpaduan antara fakta dengan imajinasi, antara pengetahuan dengan perasaan membuat essay berbeda dibanding jenis tulisan lainnya. Sebuah essay selayaknya dapat menghantarkan pembacanya untuk memahami persoalan dengan cara yang tidak njelimet dan (kadang) bernuansa santai, tetapi tetap sarat makna.

jadi intinya adalah Essay itu adalah singat, padat, merayap...eh, berisi maksudnya...
haha.... ;P

1 lagi nih

Definisi/ Pengertian Essai

Essai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang penulis dan bukan menggunakan kaidah puisi, syair, atau karangan lainnya.

Dalam pengertian ini, pembahasan secara sepintas bukan berarti melakukan penilaian suatu masalah secara serampangan dan asal-asalan. Jadi keunggulan dan perbedaan tiap essai bisa dilihat dari cara pandang penulis dalam membahas suatu masalah.

Berbeda dengan format penulisan karya ilmiah semacam makalah. Pada essai tidak dituntut pemakaian bahasa yang analitik. Dalam essai diperkenankan menggunakan bahasa ringan, acak, dan provokatif. Tapi pada intinya essai mengungkapkan opini penulis berdasarkan (tidak keluar) tema yang dia tentukan sebelumnya.

Bagian-bagian Dasar Essai

1. Pendahuluan, yang berisi latar belakang informasi yang mengidentifikasi subyek bahasan dan pengantar tentang subyek yang akan dinilai oleh penulis.

2. Tubuh esai, yang menyajikan seluruh informasi tentang subyek.

3. Bagian akhir, yang memberikan kesimpulan dengan menyebutkan kembali ide pokok, ringkasan dari tubuh essai, atau menambahkan beberapa observasi tentang subyek yang dinilai oleh penulis.

Langkah-langkah Membuat Essai

1. Menentukan tema/ topik

Dalam menentukan tema hendaknya jangan terlalu luas atau yang paling baik adalah yang kita kuasai. Tema yang dipilih harus memiliki manfaat bagi pembacanya. Dan lebih baik jika dengan tema tersebut merupakan masalah yang bisa membekas di hati pembaca, jadi bukanlah hal yang mudah dilupakan.

2. Membuat outline/ garis besar/ ide pokok/ semacam kerangka karangan

Dalam menulis outline usahakan diawali dengan pemaparan data dan fakta nyata. Selanjutnya tugas kita mengritisi hal tersebut, atau jika perlu dibandingkan dengan fakta lain.

3. Menuliskan pendapat/ opini dari penulis (kita) dengan padat dan jelas

4. Membuat paragraf pertama yang sifatnya sebagai pendahuluan. Dan pada bagian inilah kita menulis alasan penulisan dan latar belakang masalah.

5. Menulis tubuh esai. Memulai dengan memilah poin-poin penting yang akan dibahas, kemudian membuat beberapa subtema pembahasan agar lebih memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari gagasan penulis (kita), selanjutnya mengembangkan subtema yang telah dibuat.

6. Menuliskan kesimpulan. Berguna untuk membentuk opini pembaca. Karena memang tugas penulis esai adalah seperti itu. Berbeda dengan penulis berita di media massa yang "seharusnya" bersikap netral.

Kesimpulan harus tegas dan kuat. Perhatikan! Jika anda sendiri masih ragu dengan kesimpulan yang anda buat, jangan berharap untuk meyakinkan orang lain dengan argumen anda.

7. Memberikan sentuhan akhir pada essai agar pembaca terkesan dan dapat mengambil manfaat dari tulisan tersebut dengan mudah dan sistematis sehingga membentuk kerangka berpikir secara utuh.

Dalam hal ini perlu diperhatikan ulang penggunaan EYD, pencantuman sumber, penguatan persepsi yang masih lemah, dan sentuhan lain sesuai kreatifitas anda.

Baiklah setelah sedikit belajar mengenai essai maka bersiaplah untuk berlatih. Bakat memang menentukan kecepatan menguasai di suatu bidang, namun hanya dengan latihan disiplin yang menentukan ketahanan dalam menguasai bidang tersebut. Oleh karena itu menulis, menulis, dan menulislah!

semoga bermanfaat :)

Ditunggu komentarnya :)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment

UP Alert (http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com)

Hola, Su sitio web: http://ebenzezher-ebenzezher.blogspot.com (HTTP(s)) se encuentra Online nuevamente (Estuvo Offline 2y ...